Sunday, May 4, 2014

info OPS DAPODIK

( Dikit info )
HASIL PELATIHAN PENGOLAHAN DAPODIK TINGKAT SEKOLAH TAHUN 2014
HASIL DAN RESUME MATERI
BAPAK YUSUF ROKHMAT (Ditjen Pendataan Dikdas)
Saat melakukan syncronisasi jika muncul peringatan server sibuk itu berarti anda orang ke 1001 dalam satu waktu syncron karena server hanya mampu menerima 1000 klien pada waktu yang bersamaan. Diusahakan berhenti syncron dan diulangi 10-15 menit lagi.
Syncronisasi disarankan dilakukan pada pukul 11.00-14.00, 17.00-19.00 dan malam setelah pukul 22.00 WIB.
Maintenance rutin dilakukan pada pukul 00.00-03.00 WIB jadi jangan syncron pada waktu itu.
Syncronisasi dikatakan berhasil jika: ada durasi syncron, table data yang mengalami perubahan menjadi kosong (Jika masih ada data perubahan yang muncul, kemungkinan ada data conflict ). Hal ini bisa diatasi dengan meminta generate prefill pada operator kab.kota.

Setelah mendapatkan generate prefill , lakukan registrasi ulang kemudian syncron hingga selesai
Cek data hasil syncron di web infopendataandikdas.go.id minimal 1 jam setelah selesai syncron.
Data pada semester 1 dan 2 sebenarnya tidak ada perbedaan, yang menajdi pembeda hanyalah table lanjutan semester dari semester sebelumnya.
Diusahakan cek semua data, baik rombel, mapping, JJM,sarpras dll sebelum melakukan syncronisasi agar data yang diterima server sesuai dengan keadaan sekolah masing2.
Untuk guru yang mendapatkan tugas tambahan sebagai KS dapat dimasukan Tombel dengan mapping sebagai guru muatan local bahasa jawa pada kelas 4,5,6
Untuk sekolah rintisan yang menerapkan Kurikulum 2013 hanya kelas 1 dan 4, maka mapping KS bisa dimasukan pada kelas yang masih menggunakan kurikulum KTSP (Kls 2,3,5,6) agar dapat diakui JJM nya.
Agar data yang masuk ke server tidak tumpang tindih (conflict) maka cukup lakukan syncronisasi 1x dengan data yang sudah lengkap dan benar. Dan tidak disarankan untuk melakukan synronisasi berulang kali bahkan sampai berpuluh kali.
Jika saat melakukan pengecekan data melalui progress pengiriman terdpat keslahan data yang kurang sesuai dengan keadaan riil, kemungkinan saat melakukan syncronisasi ada data yang berbeda antara syncron pertama,kedua,ketiga dst yang belum berhasil diolah oleh server sehingga server akan menampilkan record secara keseluruhan dengan data yang berbeda2.
Lakukan syncron sesuai jadwal wilayah masing-masing. Untuk Jatim dijadwalkan melakukan syncron pada hari Selasa dan Sabtu.
Kemungkinan akan dirilis patch dapodik yang terintegrasi dengan data UN sehingga tidak lagi menggunakan Bios
Akan dirilis juga aplikasi dalam dapodik untuk input nilai sehingga semua kegiatan di sekolah terintegrasi dengan Dapodik.
Bapak Hasan ( Team developer/pengembang Aplikasi Dapodik 2013)
Patch 2.0.7c akan berakhir pada akhir bulan Mei dan awal Juni akan dirilis patch 2.0.8
Untuk validasi pengisian data individu :
Isikan nama sesuai ijasah tanpa mencantumkan gelar apapun
Centang sekolah induk jika PTK ybs berada di sekolah induk dan centang di bukan sekolah induk jika PTK ybs ada di bukan sekolah induk.
Centang pada table penugasan masing2 PTK sesuai keadaan
Isikan nomor SK, tanggal SK berdasarkan SK PERTAMA di sekolah tersebut
DILARANG KERAS merubah waktu pada computer, mnurunkan patch dari 207c ke 206 karena akan ada data yang rusak dan tidak aka nada yang bertanggungjawab atas kerusakan data tersebut
Jika ingin melakukan edit data yang terkunci pada patch 207c, dianjurkan untuk menghapus dulu data ybs lalu input ulang sesuai data yang benar.
Mohon maaf jika Mungkin masih banyak pelajaran yang belum tertulis disini, dan itu semua karena keterbatasan kami.
SALAM SATU DATA BERKUALITAS
SALAM SATU PERJUANGAN
FINNO ALA FINE FORZA OPERATOR

No comments:

Post a Comment